Sabtu, 20 April 2024

Pemkot Surabaya Perketat Warga Penghuni Rusunawa

Laporan oleh Dwi Yuli Handayani
Bagikan

Pemerintah Kota Surabaya memperketat pengawasan terhadap warga penghuni rumah susun sewa sederhana (rusunawa) menyusul adanya indikasi sejumlah penghuni menyewakan kembali kepada pihak ketiga.

Maria Theresia Ekawati Rahayu Kepala Dinas Pengelolaan Bangunan dan Tanah Kota Surabaya di Surabaya, Senin (5/2/2018) mengatakan pihaknya akan mencabut izin pemakaian rusunawa bagi warga yang terbukti memindahalihkan hak sewa kepada pihak lain.

“Itu melanggar Perda 15 Tahun 2012 tentang pemakaian rumah susun,” katanya seperti dilansir Antara.

Menurut dia, pencabutan izin pemakaian rusunawa tidak hanya karena menyewakan kepada orang lain, namun juga jika diketahui rusunawa tidak dihuni oleh penyewa, serta jika disalahgunakan untuk kegiatan terlarang.

“Kami akan mencabut izinnya dan memberikan ke warga yang belum memiliki tempat tinggal,” katanya.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya juga mulai melakukan pendataan ulang penghuni rusunawa yang dikelola Pemerintah Kota Surabaya. Jika ada yang kosong maka bisa digunakan untuk warga Surabaya yang belum memiliki rumah tinggal dan warga yang ada di bantaran sungai.

Yayuk mengatakan pada 2016, pihaknya sudah mencabut izin pemakaian rusunawa sekitar 40 orang, sedangkan pada 2017 sekitar 50 orang. Mereka diketahui melanggar aturan karena telah menyewakan kembali kepada orang lain.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berpesan kepada penghuni rusunawa agar bisa menggunakan fasilitas yang disediakan Pemkot Surabaya tersebut dengan baik.

Adapun persyaratan mendapat rusunnawa yakni terdata sebagai warga Surabaya, warga miskin, tidak punya rumah dan berpenghasilan rendah.

Sedangkan sewa yang harus dibayar bagi para penghuni rusunawa adalah sewa sekitar Rp100 ribu/bulan dengan batas sewa selama tiga tahun, biaya listrik dan air PDAM ditanggung pribadi. (ant/dwi)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs