Sabtu, 20 April 2024

Evakuasi Korban di Kamar Kajang Terkendala Tingginya Lahar Dingin

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Luapan lahar dingin di Dusun Kamar Kajang mengakibatkan tim rescue tidak bisa melakukan evakuasi, Rabu (8/12/2021). Foto: Wanala Universitas Airlangga

Tanggul Kamar Kajang di Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro jebol lagi dihantam lahar dingin Gunung Semeru karena derasnya hujan, Selasa malam (7/12/2021).

Relawan dan tim rescue menuju Kamar Kajang untuk melakukan evakuasi, sayangnya akses tertutup lahar dingin.

Baca juga: Bencana di Lumajang Bukan Erupsi, tapi Awan Panas Guguran Semeru

Arista Yusuf tim rescue dari Wanala Univeritas Airlangga mengatakan, timnya tidak bisa melakukan pencarian jenazah penambang pasir yang masih belum ditemukan di Kamar Kajang karena aliran lahar dingin setinggi lutut.

“Seluruh badan jalan di sepanjang jalan banyak terpendam lumpur akibat tertutup lahar dingin Gunung Semeru membuat kami tidak bisa melakukan pencarian korban, ” jelasnya.

Baca juga: Operasi Pencarian Korban Hilang Pascabencana Gunung Semeru Ditargetkan Berlangsung Sepekan

Luapan air yang membawa material lumpur tersebut mengakibatkan jalan raya dan rumah warga di Dusun Kamar Kajang setinggi 50 centimeter hingga 100 sentimeter.

Yusuf mengatakan di lokasi masih ditemui warga yamg mencoba menyelamatkan barang yang masih tersisa. “Sehingga kami putuskan membantu warga mengemasi barang-barang yang masih bisa dibawa,” jelasnya.

Yusuf dan tim rescue gabungan berencana besok akan kembali ke lokasi dan berharap cuaca cerah dan lahar dingin sudah surut untuk melanjutkan proses evakuasi korban erupsi Gunung Semeru. (man/tin/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs