Selasa, 18 Januari 2022

Lahar Dingin Semeru Masih Jadi Ancaman

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Firman Arifianto Pusdalop BPBD Kabupaten Jember. Foto: Manda suarasurabaya.net

Firman Arifianto Pusdalop BPBD Kabupaten Jember mengatakan, dari pengamatan BPBD Lumajang selama masih turun hujan, akan menimbulkan lahar dingin Gunung Semeru sewaktu-waktu. Maka tidak aman bagi warga yang tinggal di sekitar Gunung Semeru.

“Warga menyadari kondisi itu. Makanya warga ada kekhawatiran dan ketakutan kalau sudah ada info banjir di atas (bukit). Mereka takut dan langsung tanpa dikomando segera membawa motor ke tempat pengungsian yang sudah disediakan,” jelasnya kepada suarasurabaya.net, Senin (6/12/2021)

Kata Arif, saat ini warga yang berada di posko pengungsian di lapangan Sumber Wuluh adalah pengungsi RT 1 dan RW 2 dari Sumber Wuluh Tengah, Dusun Kamar Kajang juga serta sebagian dari Dusun Ranjang.

Ditanya soal SOP evakuasi warga saat di lokasi Arif mengatakan jika mengikuti komando dari Basarnas karena ketua tim di lapangan adalah Basarnas.

“Jadi kita melakukan operasi besar kita harus pakai APD lengkap dan pakai helm. Kalau tidak pakai APD tidak boleh ikut. Apabila pencarian SAR misi hujan terdengar SOP harus stop pencarian kita stop dan kita harus kembali ke titik yang aman,” paparnya.

Untuk saat ini warga yang sudah mengungsi diimbau untuk tetap di posko dan tidak kembali ke rumahnya karena khawatir adanya lahar dingin. (man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Selasa, 18 Januari 2022
25o
Kurs