Minggu, 28 April 2024

Lahar Dingin Semeru Masih Jadi Ancaman

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Firman Arifianto Pusdalop BPBD Kabupaten Jember. Foto: Manda suarasurabaya.net

Firman Arifianto Pusdalop BPBD Kabupaten Jember mengatakan, dari pengamatan BPBD Lumajang selama masih turun hujan, akan menimbulkan lahar dingin Gunung Semeru sewaktu-waktu. Maka tidak aman bagi warga yang tinggal di sekitar Gunung Semeru.

“Warga menyadari kondisi itu. Makanya warga ada kekhawatiran dan ketakutan kalau sudah ada info banjir di atas (bukit). Mereka takut dan langsung tanpa dikomando segera membawa motor ke tempat pengungsian yang sudah disediakan,” jelasnya kepada suarasurabaya.net, Senin (6/12/2021)

Kata Arif, saat ini warga yang berada di posko pengungsian di lapangan Sumber Wuluh adalah pengungsi RT 1 dan RW 2 dari Sumber Wuluh Tengah, Dusun Kamar Kajang juga serta sebagian dari Dusun Ranjang.

Ditanya soal SOP evakuasi warga saat di lokasi Arif mengatakan jika mengikuti komando dari Basarnas karena ketua tim di lapangan adalah Basarnas.

“Jadi kita melakukan operasi besar kita harus pakai APD lengkap dan pakai helm. Kalau tidak pakai APD tidak boleh ikut. Apabila pencarian SAR misi hujan terdengar SOP harus stop pencarian kita stop dan kita harus kembali ke titik yang aman,” paparnya.

Untuk saat ini warga yang sudah mengungsi diimbau untuk tetap di posko dan tidak kembali ke rumahnya karena khawatir adanya lahar dingin. (man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs