Kamis, 6 Oktober 2022

Pembongkaran Koper Jemaah Jadi Pelajaran Agar Tidak Bawa Air Zamzam

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Anggota haji bersama petugas berusaha menutup koper untuk memastikan berat barang bawaan sesuai ketentuan 32 kilogram. Foto: Antara

Mukhammad Khanif Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah menyebut adanya pembongkaran koper pada jamaah haji kloter awal saat kepulangan karena membawa air zamzam, bisa menjadi pelajaran bagi jemaah berikutnya agar tidak melakukan hal serupa.

“Pemulangan jemaah gelombang satu yang diberangkatkan ke Jeddah alhamdulillah berjalan lancar, dan dari pengalaman jemaah sebelumnya, persentase yang bawa air zamzam sudah berkurang,” jelas Khanif di Mekkah, Rabu (21/7/2022), dikutip Antara.

Ia juga mengingatkan, agar jemaah haji betul-betul menaati peraturan terkait barang bawaan di koper, karena jika ditemui bawaan yang tidak sesuai akan dikembalikan dan dibongkar kembali.

Selain itu, terkait aturan jemaah tidak boleh membawa tas lain selain koper, tas tangan dan tas paspor, kata Khanif sudah disosialisasikan sejak jauh hari.

Sebelumnya saat awal pemulangan jamaah haji ke Tanah Air pada 15 Juli 2022, masih ditemukan banyak koper jemaah haji yang membawa air zamzam sehingga harus dilakukan pembongkaran kembali. (ant/des/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Mobil Mogok dan Nutup Sebagian Jalur Layang Mayangkara

Truk Terguling di Raya Kedamean Gresik

Truk Mogok di Mastrip arah Kedurus

Mobil Terbalik di Merr Surabaya

Surabaya
Kamis, 6 Oktober 2022
31o
Kurs