Kamis, 18 April 2024

Kepolisian Matangkan Persiapan Pengamanan Jelang Resepsi Puncak Satu Abad NU

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Suasana Gelora Delta Sidoarjo menjelang Harlah Satu Abad NU, Kamis (2/2/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Koordinasi pengamanan para peserta kegiatan Resepsi Puncak Satu Abad NU yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2023 di GOR Delta Sidoarjo, terus dipersiapkan dengan matang oleh petugas kepolisian. 

Kombes Pol Puji Santoso Karo Ops Polda Jawa Timur (Jatim) mengatakan, seluruh polres akan dilibatkan untuk membantu para peserta yang berasal dari daerah lain menuju ke lokasi kegiatan.

“Nanti jemaah atau peserta yang dari wilayah-wilayah itu wajib dikawal oleh rekan-rekan lalu lintas dari masing masing daerah,” ujar Puji.

Puji juga menjelaskan, bahwa para peserta dari tiap daerah juga memiliki LO (Liason Officer) untuk membantu koordinasi baik sebelum hingga setelah kegiatan berakhir.

“Kita tunjuk juga LO masing-masing. Kemudian, dari LO itu kita undang ke Sidoarjo, kita jelaskan bahwa nanti mereka masing-masing wilayah akan kita berlakukan sistem drive in drive out terkait dengan lokasi parkir bagi masing masing wilayah,” kata Puji saat dihubungi oleh Suara Surabaya, Kamis (2/2/2023).

Menurut Puji, hal tersebut dilakukan guna mempermudah para peserta untuk menuju ke lokasi dan mencegah penumpukkan massa.

Sementara itu, imbauan lain untuk para peserta ketika menghampiri perayaan Harlah Satu Abad NU adalah untuk menggunakan penanda seperti batch di lengan agar memudahkan peserta mengenali rombongan asal daerahnya.

“Kita sudah sampaikan, bahwa nanti mereka membawa bendera masing masing. Jadi membawa bendera sebagai titik tanda. Kemudian nanti dari peserta atau petugas yang membawa akan menggunakan batch lengan sesuai wilayah asal masing-masing sehingga memudahkan jemaah,” imbuhnya.

Fasilitas lain yang akan disiapkan kepolisian untuk peserta adalah pemasangan video tron di luar area Stadion Gelora Delta, tenaga medis beserta 10 unit ambulans, dapur lapangan untuk para aparat keamanan dan peserta, kendaraan dengan persediaan air minum dari Satuan Brimob, dan juga toilet.

Dalam pernyataan Puji Santoso, pihaknya juga telah menyiapkan sebanyak 3.960 personel untuk menjaga jalannya acara berlangsung. Jumlah tersebut bisa saja berubah menyesuaikan dengan kondisi dan situasi acara nantinya.(abd/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
31o
Kurs