Senin, 29 April 2024

Kunjungan Wisatawan Asing ke Indonesia Naik Hampir Dua Kali Lipat Sepanjang 2023

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) saat berada di Surabaya, pada Rabu (27/12/2023). Foto: Istimewa

Sandiaga Uno Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI), menyatakan kunjungan wisatawan asing ke Indonesia tahun ini naik hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Kita melihat ada net in flow karena lebih banyak yang masuk Indonesia. Kita menargetkan lebih dari satu juta secara teragregrasi, dan kita harapkan tembus angka 11 juta kunjungan wisatawan mancanegara selama tahun 2023,” kata Sandi di Surabaya, Rabu (27/12/2023).

Sandi mengatakan, untuk tahun lalu kunjungan wisatawan asing ke Indonesia hanya sekitar lima juta pengunjung mancanegara. “Jadi ini lebih tinggi hampir dua kali lipat,” tambahnya.

Secara menyeluruh, warga asing yang berkunjung ke Indonesia, urutan pertama berasal dari Malaysia, disusul Singapura, Australia, India dan Tiongkok.

Selain itu, ada juga negara dari Eropa yang berlibur ke Indonesia seperti Inggris.

“Kalau negara kontributor utama adalah Australia, disusul oleh India untuk pasar Bali,” katanya.

Pergerakan wisatawan asing yang berlibur ke Indonesia itu, kata Sandi, harus dijaga. Karena menurutnya, hal itu dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Karena pergerakan wisatawan ini menjadi penopang dari tingkat hunian hotel dan penciptaan lapangan kerja dan pergerakan ekonomi yang segera pulih pasca pandemi,” katanya.

Sementara itu, untuk kunjungan wisatawan Indonesia yang keluar negeri, Sandi mengungkapkan hingga saat ini diperkirakan ada sekitar 5-6 juta orang.

“Masih ada net in flow ada 5 juta lebih wisatawan,” pungkasnya. (ris/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs