Senin, 29 April 2024

Warga Tenggilis Lama IV Kompak Bersihkan Saluran dan Perantingan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Warga Tenggilis Lama 4 saat memindahkan hasil kerja bakti ke titik pembuangan, Minggu (19/2/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Masyarakat Kota Surabaya masih konsisten menggelar kerja bakti setiap hari Minggu. Hari ini warga Tenggilis Lama IV RT 7 RW 4 bergotong royong bersihkan saluran dan perantingan.

Sugito sebagai Ketua RT 7 yang baru terpilih Januari lalu mengajak warganya membersihkan lingkungan sekitarnya. Kata dia, kerja bakti di Tenggilis Lama IV dilakukan tiga bulan sekali.

Namun Sugito ingin mengubah agenda kerja bakti jadi sebulan sekali, karena tiga bulan dirasa terlalu lama.

“Tadi saat bersih-bersih saluran banyak sampah, lumpur dan daun yang menyumbat,” ujar Sugito waktu ditemui di sela-sela kerja bakti, Minggu (19/2/2023).

Selain persoalan sampah yang menyumbat, Sugito menuturkan kalau saluran-saluran yang melintas di depan rumah warga dirasa terlalu sempit. Hal itu kata dia, membuat aliran air kurang lancar saat terjadi hujan deras.

Sehingga dampaknya timbul genangan di kawasan itu. Oleh sebab itu dia telah berkoordinasi dengan kelurahan setempat supaya saluran di situ bisa sedikit dilebarkan dan diberi penutup.

“Saya sudah koordinasikan tapi masih harua nunggu. Kalau hujan deras masih ada genangan di sini,” katanya.

Warga Tenggilis Lama 4 saat memindahkan hasil kerja bakti ke titik pembuangan, Minggu (19/2/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Selain membersihkan saluran, warga Tenggilis Lama 4 juga mengangkut sampah-sampah yang ada di lingkungan sekitar. Dari hasil kerja bakti sejak pukul 6 pagi mereka berhasil mengumpulkan sampah berupa rerumputan, ranting pohon dan plastik dalam satu bak angkut kendaraan tosa.

Sampah-sampah itu dikumpulkan di satu titik area kosong, nantinya ada petugas yang mengangkut sampah hasil kerja bakti itu untuk dibuang di TPA.

“Saya juga mau buat taman di sini biar nanti tambah asri,” imbuhnya.

Dengan adanya program Surabaya Bergerak ini, Sugito mengaku cukup antusias. Apalagi sebagai RT baru, dia berkomiten mengajak para warga untuk bersama-sama menjaga lingkungan.(wld/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs