Rabu, 19 Januari 2022

Unesa Akan Bangun Sekolah Sepak Bola Bertaraf Internasional

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Acara sosialisasi tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional tersebut digelar oleh Kemenpora bersama PSSI dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Jumat (4/6/2021). Foto : Istimewa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) terus mendukung pemerintah dalam mengembangkan dan memajukan dunia olahraga Indonesia, tak terkecuali untuk sepak bola, dan terlibat dalam Sosialisasi Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2019, tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional di Hotel Vasa Surabaya pada Jumat (4/6/2021).

Acara sosialisasi tersebut digelar oleh Kemenpora bersama PSSI dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dengan tema  ‘Industri Sepak Bola untuk Indonesia Maju’  Acara ini dihadiri oleh, H. Zainudin Amali, S.E., M.Si Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dan Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si Gubernur Jawa Timur, Iwan Budianto selaku Wakil Ketua Umum PSSI, Airlangga Hartanto Ketua Umum KONI, dan Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes Rektor Unesa serta seluruh jajaran pemerintah kabupaten maupun kota di Jawa Timur.

Zainuddin Amali mengatakan bahwa hasil survei dari lembaga yang kredibel mengatakan bahwa 77 persen rakyat Indonesia menyukai olahraga sepak bola. Selain itu, Indonesia memiliki banyak SDM sepak bola yang luar biasa, tetapi dunia pesepakbolaan Indonesia belum juga bersinar di ajang internasional.

“Memajukan dunia sepak bola memang tidak bisa sendirian. Tentunya perlu dukungan banyak pihak, baik dari pemerintah pusat maupun daerah dan peran penting perguruan tinggi,” jelasnya.

Menpora pada kesempatan itu juga menyinggung mengenai sarana prasarana yang akan terus ditingkatkan guna mengembangkan bibit muda sepak bola di Indonesia.

Sementara itu, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, Rektor Unesa mengatakan, Unesa sebagai perguruan tinggi yang unggul dalam bidang olahraga, menyambut baik bahkan mendukung penuh upaya percepatan pembangunan sepak bola di Indonesia lewat Inpres yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 29 Januari 2019 itu.

“Dengan instruksi langsung Presiden kepada sekitar 18 pihak (Kementerian, Lembaga, Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota, red) tentu kita optimis bahwa masa depan sepak bola Indonesia akan cerah dan maju,” jelasnya.

Ia menambahkan bahwa Unesa pun melakukan banyak hal untuk kemajuan sepak bola di Indonesia lewat para pelatih, dan SDM Unesa yang kerap dipakai di ajang sepak bola nasional. Bahkan untuk mendukung peningkatan prestasi sepak bola, Unesa dalam waktu dekat berencana membangun sekolah sepak bola bertaraf internasional.

“Unesa ikut bertanggung jawab, dalam proses pengembangan bakat sepak bola di Jawa Timur dan Indonesia, peningkatan kompetensi wasit dan pelatih, dan lain sebagainya salah satunya lewat Sekolah Sepak Bola itu nanti,” tegasnya.

Rektor Unesa ini juga menegaskan, sebelumnya, Unesa juga berperan menjadi salah satu tempat pelaksanaan program Pemusatan Latihan Daerah dari KONI Jawa Timur serta ditunjuk pemerintah sebagai tuan rumah penyelenggaraan FGD dalam Perancangan Grand Design Keolahragaan oleh Kemenpora.

“Dengan dukungan dan upaya yang dilakukan Unesa dalam dunia olahraga ini semoga dapat meningkatkan prestasi olahraga dan sepak bola Indonesia di kancah internasional dan Merah Putih bisa berkibar di lapangan dan stadion sepak bola dunia,“ harapnya. (man/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Rabu, 19 Januari 2022
24o
Kurs