Senin, 20 Mei 2024

PSSI Fokus Wujudkan Sepak Bola Bersih dan Berprestasi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Erick Thohir Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Foto: PSSI Erick Thohir Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Foto: PSSI

Erick Thohir Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menyatakan, PSSI terus fokus mewujudkan sepak bola Indonesia yang bersih dan berprestasi dalam memaknai momentum Hari Ulang Tahun ke-94 PSSI.

“Kami terus fokus untuk mewujudkan mimpi besar kita, sepak bola yang bersih dan berprestasi,” ucapnya melalui unggahan di akun instagram pribadi: @erickthohir dikutip Antara.

Bertepatan dengan 94 tahun berdirinya PSSI pada hari ini, Jumat (19/4/2024). Erick mengatakan PSSI akan terus berupaya merajut mimpi untuk melihat sepak bola Indonesia yang bisa tampil di level dunia.

“Kami ingin membuat seluruh masyarakat Indonesia bangga dengan sepak bola,” katanya.

Oleh sebab itu, terobosan dan perbaikan menjadi fokus utama PSSI untuk mewujudkan sepak bola Indonesia yang bersih dan berprestasi hingga ke level dunia.

Sebelumnya, Ketua PSSI mengatakan, dalam membangun sepak bola Indonesia, tidak mungkin hanya klub, tim nasional, tanpa memikirkan grass roots, sistem pelatih, sistem perwasitan.

“Tapi kan kompleksitas dari PSSI sudah berjalan cukup lama. Dengan keterbatasan saya sejak awal, saya bilang sebagai Ketua PSSI, saya tidak mungkin menyelesaikan ini dalam waktu enam bulan atau setahun,” ucap Erick.

Untuk itu, sejak awal dia menyampaikan akan fokus membenahi timnas dulu pada 2024.

Sementara, Federation Internationale de Football Association (FIFA) pada Kamis (18/4/2024) lalu, merilis pernyataan Timnas Indonesia menjadi negara paling signifikan mengalami kenaikan di peringkat FIFA usai memperoleh kenaikan delapan peringkat.

Tidak hanya itu, Indonesia juga menjadi negara dengan koleksi poin terbanyak dengan tambahan 30,04 poin hasil dari menyapu bersih kemenangan selama Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Tambahan poin tersebut membawa tim asuhan Shin Tae-yong melesat ke posisi 134 dengan koleksi 1102,7 poin.

Peringkat itu merupakan yang terbaik selama tiga belas tahun terakhir. Skuad Merah Putih terakhir kali menempati peringkat 140 besar dunia pada 19 Oktober 2011.

Dengan bertengger di posisi 134 dunia, Indonesia kini menyalip peringkat negara tetangga Malaysia yang turun ke peringkat-138. Skuad Garuda kini menempati peringkat ketiga di zona Asia Tenggara dan terpaut 62 poin dari Vietnam yang berada di peringkat ke-115 dunia.(ant/sya/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs