Sabtu, 27 April 2024

PSSI Beri Acungan Jempol usai Timnas Indonesia Mengalahkan Vietnam 3-0

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Selebrasi Ramadhan Sananta setelah mencetak gol ke gawang Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa (26/3/2024) malam. Foto: PSSI Selebrasi Ramadhan Sananta setelah mencetak gol ke gawang Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa (26/3/2024) malam. Foto: PSSI

PSSI mengapresiasi keberhasilan tim nasional (Timnas) Indonesia mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0 pada Selasa (26/3/2024) malam di Stadion My Dinh, Hanoi.

Dalam pertandingan yang disaksikan kurang lebih 27.832 ribu itu, ketiga gol Timnas Indonesia dicetak Jay Idnez menit kesembilan, Ragnar Oratmangoen menit ke-23, dan Ramadhan Sananta menit ke-90+8.

“Alhamdulillah kita berhasil meraih tiga poin di kandang Vietnam. Mental dan ketenangan para pemain tentu patut mendapatkan apresiasi,” ujar Erick dalam laman resmi PSSI.

Ini merupakan kemenangan pertama Timnas Indonesia di Hanoi setelah 20 tahun. Skuad Garuda kali terakhir menang di markas Vietnam pada 11 Desember 2004 dalam ajang Piala Tiger (Piala AFF).

Pada saat itu Timnas Indonesia membungkam Vietnam dengan skor 3-0. Mauly Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jayakesuma mencetak gol di laga tersebut.

“Terakhir kita menang di Vietnam itu saat Piala AFF yang namanya masih Piala Tiger pada 2004. Ini menjadi bukti perubahan baik dari sisi kualitas dan mental bertanding yang mengalami peningkatan signfikan,” ucap Menteri BUMN itu.

Tiga poin di Hanoi membuat Timnas Indonesia mengemas 7 poin dan berada di posisi kedua hasil dua kali menang, sekali seri dan sekali kalah.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Irak dan Filipina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pertandingan ini berlangsung pada 6 dan 11 Juni mendatang.

Perlu diketahui, peringkat pertama dan kedua di babak grup ini akan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Menurut laman resmi PSSI, Timnas Indonesia hanya membutuhkan satu kemenangan untuk mengunci lolos ke putaran ketiga sekaligus lolos ke Piala Asia 2027 mendatang.

“Masih ada dua laga terakhir, laga hidup mati untuk kita bisa lolos. Tetap fokus untuk kembali meraih hasil terbaik di dua laga berikutnya,” terang Erick. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs