Sabtu, 27 April 2024

Bukti Persahabatan Sejati Soekarno-Hatta: Bung Karno Tak Pernah Punya Wapres Lagi setelah Hatta

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Presiden pertama RI, Sukarno (kiri) didampingi Mohammad Hatta Wakil Presiden, memberikan hormat saat tiba di Jalan Asia Afrika yang menjadi Historical Walk dalam penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika (KAA) di Bandung, 1955. Foto: Dok. Museum KAA

Megawati Soekarnoputri Presiden RI Kelima mengatakan bahwa hubungan Ir. Soekarno Presiden RI Pertama yang merupakan ayahnya, dengan Mohammad Hatta Wakil Presiden Pertama RI adalah persahabatan sejati. Dan Bung Karno tidak pernah memiliki wakil setelah Bung Hatta mundur.

Megawati menceritakan hubungan dua keluarga proklamator RI itu sangat-sangat dekat. Banyak yang menyebut bahwa hubungan keduanya, di akhir-akhir (kebersamaan mereka berdua) mengalami banyak perbedaan. Hingga Hatta mengundurkan diri sebagai wakil presiden.

“Tapi coba pikir, kenapa setelah itu bapak saya tak mau ada wakil presiden lagi? Karena dia tak mau ada wakil lagi. Cuma Pak Hatta. Itu persahabatan sejati,” kata Megawati.

Megawati menyampaikan hal ini saat hadir di acara webinar peringatan HUT Mohammad Hatta ke-119, yang digelar Badan Nasional Kebudayaan Pusat (BKNP) PDIP, secara virtual, Kamis (12/8/2021).

Acara itu dihadiri Megawati Soekarnoputri dan Hasto Kristiyanto Sekjen dan Meutia Farida Hatta putri Bung Hatta.

Megawati juga bercerita, persahabatan keduanya tetap erat, ketika Ir. Soekarno menjadi tahanan oleh rezim Orde Baru, tanpa selembar kertas berisi status itu, keluarganya hendak menggelar pernikahan. Yakni, Guntur Soekarnoputra kakak Megawati yang hendak menikahi seorang Mojang Priangan.

“Bayangkan ayah saya tak bisa hadir akibat peristiwa politik saat itu, meski tidak ada secarik kertas pun yang memberi status hukum bagaimana Bung Karno dikenakan tahanan rumah. Akhirnya ibu saya minta ke Pak Hatta dan Tante Rahmi mewakili, bisa tidak Pak Hatta mewakili keluarga Bung Karno? Spontan Pak Hatta bilang oke, kalian kan anak saya juga. Itu satu keindahan tersendiri,” kata Megawati.

Untuk itu, Megawati mengatakan persahabatan Bung Karno dan Bung Hatta pasti akan abadi, selama Indonesia Raya berdiri.

“Kalau sekarang ada yang masih berusaha dikutak kutik itu pasti aneh. Orang-orang itu bilang perbedaan Bung Karno dan Bung Hatta, ini lah itu lah. Saya bilang orang itu mengerti tidak ya yang sebenarnya?” tegas Megawati.

Meutia juga mengakui soal persahabatan kedua keluarga mereka. Dia mengingat bagaimana ayahnya memang menjadi wakil keluarga Soekarno saat Guntur Soekarno menikah. Namun, Meutia juga mengakui, bahwa Bung Karno adalah yang menguburkan ari-arinya saat dirinya dilahirkan.

Saat itu, Hatta memilih untuk buru-buru ke Istana Kepresidenan untuk menghadiri rapat kabinet. Namun Bung Karno yang datang menjenguk, memahami pentingnya budaya menanam ari-ari sebagai orang Jawa. Sehingga dia yang menanam ari-arinya.

“Ini satu timbal balik yang manusiawi, tetapi juga sebuah persahabatan luar biasa,” kata Meutia Farida Hatta.(faz/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs