Selasa, 30 April 2024

Cara Membaca yang Sesungguhnya

Laporan oleh Noer Soetantini
Bagikan

Judul Buku : How to Read a Book : Cara Jitu Mencapai Puncak Tujuan
Penulis : Mortimer J Adler dan Charles Van Doren
Halaman : xxiv + 526 halaman
Penerbit : iPublishing, Jakarta 2007

Membaca simbol kemajuan sebuah peradaban. Membaca membedakan peradaban maju dengan primitif, antara negara maju dan negara berkembang. Melihat begitu pentingnya membaca, ia pun dijadikan salat satu indeks bagi pembangunan manusia, yang sering dijadikan ukuran keberhasilan pembangunan sebuah negara.

Sinopsis :
Membaca untuk mendapatkan pengertian adalah pendidikan seumur hidup secara intelektual. Sekolah semestinya mengajarkan hal ini secara berjenjang. Dengan demikian, setelah lulus dari sekolah lanjutan, seorang sudah bisa menikmati dan memahami hampir semua besar bacaan dan menjadi pembelajar seumur hidup.

Buku ini menjelaskan cara meningkatkan kemampuan membaca secara berjenjang mulai dari membaca dasar, inspeksional (tematis) dan juga sejumlah tes sesuai jenjang itu. Tahap-tahap ini harus dijalani secara berurutan karena tidak mungkin untuk maju ke tahap berikutnya tanpa menguasai tahap sebelumnya.

Membaca dasar yakni mengeja, membaca kata dan kalimat, menerjemahkan simbol menjadi sebuah bunyi yang bermakna. Membaca tingkat ini semestinya dikuasai seseorang sesudah menamatkan sekolah dasar. Ini ditandai dengan kemampuan membaca yang lancar tanpa patah-patah dan kemampuan membaca di dalam hati (silent reading).

Membaca inspeksional sekilas dapat disamakan dengan membaca cepat. Membaca inspeksional adalah membaca sekilas atau selayang pandang, secara sistematis sambil mengajukan pertanyaan kepada teks yang kita baca dan berusaha menjawabnya selagi kita membaca.

Ada dua manfaat yang bisa didapat dari membaca sekilas ini yakni untuk menentukan apakah buku itu layak atau tidak untuk kita baca secara lebih mendalam, dan mendapatkan ide dasar dari buku tersebut.

Sebagai penulis, Adler menunjukkan bahwa membaca buku seharusnya dengan kecepatan yang sesuai. Buku atau bagian bacaan yang seharusnya dibaca dengan cepat jika kita baca dengan perlahan akan menghabiskan waktu dengan percuma.

Membaca analitis, inilah membaca dalam arti sesungguhnya dimana kita ‘mengunyah dan mencerna’ bacaan, menjadikannya bagian dari diri kita.

Deskripsi :
Adler menyusun buku ini dalam kerangka pendidikan liberal arts yang tidak lagi menjadi warna utama dalam pendidikan, seperti pada beberapa abad lampau. Ini pendidikan generalis, menguasai kecakapan intelektual dasar agar dapat memahami dan mendalami semua bidang ilmu.

Bagi yang ingin memiliki gerbang studi mandiri seumur hidup dan mendalami bidang apa saja, yang berniat dan mau berusaha, buku ini panduan yang tepat. Hanya saja, butuh waktu untuk membacanya, mengingat jumlah halaman cukup banyak.

Bagikan
Berita Terkait

Cinta Dunia Akhirat

Misteri Tangan Kanan

Tubuh Gemuk Tapi Ramping

Pasang Surut Bisnis Sampoerna

The Secret


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs