Rabu, 1 Mei 2024

Langkah Senator Menuju Kursi Presiden

Laporan oleh Noer Soetantini
Bagikan

Judul Buku : Menerjang Harapan, Dari Jakarta Menuju Gedung Putih
Penulis : Barack Obama
Jumlah Halaman : 528 halaman
Penerbit : Ufuk Press

Banyak yang berharap Barack Obama bisa memenangi pemilihan presiden AS pada 2008 baik sebagai presiden maupun wakil presiden. Jika terpilih, Obama akan mengubah citra AS di Indonesia yang rusak akibat kepemimpinan Presiden Bush. Ia bukan cuma merupakan sahabat lama bagi Indonesia, namun mempunyai kemampuan moral serta politik untuk mempererat kembali hubungan antara berbagai kalangan masyarakat kedua negara yang terganggu akibat berbagai kebijakan Presiden Bush yang kontroversial.

Manfaat lain terpilihnya Obama kelak ialah mempertebal keyakinan bahwa siapapun dapat mewujudkan “mimpi Amerika” di sebuah masyarakat yang bebas dan negara yang demokratis. (Budiarto Shambazy)

Sinopsis :
“Kepuasan saya takkan ditemukan di depan kilatan kamera televisi atau sorak-sorai orang-orang. Tetapi lebih sering karena saya mengetahui bahwa saya mampu membantu orang-orang menjalani kehidupan mereka untuk tindakan yang bermartabat,”demikian kata Obama mengawali perjalanannya menuju Gedung Putih.

Ketika dilantik menjadi senator awal tahun 2005, Obama mulai jadi gunjingan di Washington DC. Banyak kalangan menyebut karisma Obama mirip dengan JF Kennedy yang menjadi presiden di usia muda. Pujian diluncurkan ke dirinya dan tidak ada yang terkejut saat Obama berani mengumumkan pencalonannya menjadi presiden AS awal 2007 dari Partai Demokrat.

Rekor Obama sebagai senator di negara bagian Illinois sejatinya termasuk biasa, mirip dengan prestasi akademisnya. Ia terlibat aktif dalam perumusan undang-undang, termasuk undang-undang reformasi kode etik bagi politisi yang merupakan sebuah langka bersejarah karena merupakan yang pertama kali ditulis dalam 25 tahun.

Meski pemilihan presiden masih 1,5 tahun lagi, Obama merasa harus bekerja lebih keras dibandingkan pekerjaan yang pernah dia lakukan dalam kehidupan ini. Ia berpikir tentang bagaimana para pendiri Amerika bangkit di atas ambisi kecil dan kalkulasi terbatas untuk membayangkan sebuah bangsa membentang di sepanjang sebuah benua.

“Itulah proses yang saya harapkan bisa menjadi bagian didalamnya. Hati saya dipenuhi cinta untuk Amerika,”demikian tulis Obama dalam buku yang masuk daftar buku terlaris versi harian The New York Times.

Deskripsi :
Barack Obama menulis buku tentang perjuangannya melangkah ke gelanggang politik bisa jadi alat propaganda dirinya untuk memenangkan pemilihan presiden AS pada 2008 mendatang. Dalam bukunya tersebut, Obama ingin menunjukkan sosok pribadinya yang memang layak dipilih saat pemilihan presiden.

Obama termasuk politisi yang hebat memainkan strategi di gelanggang politik. Apalagi gelanggang politik di Amerika Serikat yang notabene penuh tantangan dan siasat licik dari lawan politik. Obama berharap melalui kisah hidupnya, akan semakin banyak pendukungnya dan membawa kemenangan dalam pemilihan presiden AS.

Nah, bagi calon politisi yang ingin masuk ke gelanggang politik bisa melihat bagaimana perjuangan Obama membangun citra dirinya. Sedangkan yang bukan calon politisi, buku ini bisa memberikan inspirasi tentang jalan menggapai harapan. Disamping itu, buku Obama juga bercerita bagaimana sepak terjang presiden Amerika era Bush dan Clinton dalam membangun negara adi kuasa.

Bagikan
Berita Terkait

Cinta Dunia Akhirat

Misteri Tangan Kanan

Tubuh Gemuk Tapi Ramping

Pasang Surut Bisnis Sampoerna

The Secret


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
28o
Kurs