Jumat, 17 Mei 2024

Membangun Negara Perlu Manajemen

Laporan oleh Noer Soetantini
Bagikan

Judul Buku : Manajemen Pembangunan Indonesia
Penulis : Randy R Wrihatnolo, Riant Nugroho D
Halaman : xiv + 255 halaman
Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Pemikiran tentang alam, manusia dan kesejahteraan ini menimbulkan dua asumsi dalam tindakan perencanaan. Pertama, manusia membuat perencanaan agar sumber daya alam yang terbatasitu dapat bertahan lebih lama untuk menyediakan kebutuhan manusia. Kedua, manusia membuat perencanaan agar dapat menikmati kesejahteraan sebelum manusia dan alam itu ‘habis’.

Kedua asumsi itu harus dipenuhi dalam suatu tindakan perencanaan. Jika asumsi pertama tidak dipenuhi, manusia akan kehabisan sumber daya alamnya sebelum mencapai harapannya. Jika asumsi kedua tidak dipenuhi, manusia akan menimbulkan krisis dan konflik di antara mereka dalam rangka meraih kesempatan menikmati hak kesejahteraan. (Penulis)

Sinopsis :
Inefisiensi penyelenggaraan pembangunan muncul karena kita lebih banyak memahami pembangunan sebagai sebuah fenomena politik. Pembangunan, menurut penulis, lebih banyak dipahami sebagai sebuah momen politis dan historis daripada momen manajemen. Dikatakan demikian karena pembangunan dipahami sebagai sebuah ‘isme-isme’ daripada sebuah proses manajerial yang melibatkan optimalisasi pemanfaatan aset-aset atau sumber-sumber daya yang tersedia.

Pembangunan ‘lebih menawan’ jika dipahami dan dilaksanakan sebagai praktek politik daripada praktik manajemen. Dalam amatan penulis, kenyataan inilah yang membuat pembangunan di negara-negara berkembang, termasuk di Indonesia, menciptakan apa yang disebut Andre Gunder Frank seorang sosiolog pembangunan dari kelompok Kiri-Baru sebagai development of the underdevelopment, yang dibangun adalah keterbelakannya bukan kemajuannya.

Dalam buku ini penulis menjelaskan bagaimana seharusnya manajemen pembangunan Indonesia dilaksanakan berdasarkan teori-teori manajemen pembangunan. Sebanyak 28 bab dibagi 4 kategori mulai Menuju Perencanaan Pembangunan, Kaidah Teoritik Pembangunan dan Perencanaan Indonesia, Kaidah Normatif Pembangunan dan Perencanaan di Indonesia serta Keterkaitan Antarsistem dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Deskripsi :
Untuk membumikan pemikiran pembangunan sebagai manajemen diperlukan konsep how to dalam manajemen pembangunan. Buku ini adalah tentang Manajemen Pembangunan Indonesia yang berlaku saat ini. Jika membaca isinya dibutuhkan kesabaran untuk menelaah teori-teori yang menurut penulis perlu diterapkan.

Buku ini dibuat untuk membantu para perencana pembangunan, khususnya daerah, untuk menerapkan proses pembangunan yang lebih demokratis. Dengan demikian pembangunan yang kita capai hari ini tidak berjalan ke somewhere else apalagi ke nowhere.

Bagikan
Berita Terkait

Cinta Dunia Akhirat

Misteri Tangan Kanan

Tubuh Gemuk Tapi Ramping

Pasang Surut Bisnis Sampoerna

The Secret


..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
29o
Kurs