Selasa, 30 April 2024

Selalu Ada Harapan di Tengah Kesulitan

Laporan oleh Noer Soetantini
Bagikan

Judul buku : Kun Fayakuun, Selalu Ada Harapan di Tengah Kesulitan
Penulis : Ust Yusuf Mansur
Halaman : ix + 261 hal
Penerbit : PT Zikrul Hakim

Yusuf Mansur melalui kisah-kisahnya dalam buku ini mampu memberikan pemahaman dengan baik dan langkah-langkah yang mesti diambil agar kesulitan dalam hidup dapat berbuah mutiara yang bisa kita dapatkan seiring dengan kesabaran kita menerimanya sebagai sebuah ketetapan Allah Swt.

Akhirnya, memiliki harapan dan selalu optimis untuk mengharap rahmat (kasih sayang) Allah memang harus kita miliki sebagai seorang muslim. Yakinkan diri, bahwa kita tidak sendirian menjalani beragam kesulitan hidup ini, ada Allah yang bersedia menemani. Ada Allah yang bersedia dijadikan tempat berkeluh kesah. Dan ada Allah, pintu harapan sekaligus pemenuh harapan bagi mereka yang menyisakan harapan. Karena tidak ada yang tidak mungkin dihadapan-Nya. Itu karena kuasa-Nya yang tidak bertepi dan tidak mempunyai batas. Dan tidak ada yang tidak mungkin jika Allah sudah berkehendak. (Penerbit)

Sinopsis :
Kecerdasan orang beriman adalah kecerdasan menangkap hikmah dibalik semua kisah. Kisah tumbuh-tumbuhan, hewan, manusia, planet, langit akan membuat kita semakin dekat dengan Allah.

Yusuf Mansur ustad muda ini mencoba ‘berceramah’ melalui kisah-kisah yang dialaminya. Mulai kisah harapan & optimisme di tengah permasalahan dan keinginan sampai kisah kehilangan cinta dan kasih sayang.

Satu diantara kisah menarik adalah tentang masalah kematian yang intinya bahwa kematian bukan di tangan manusia, ia adalah hak Sang Pencipta saja. Dalam buku ini Ustad Yusuf berkisah tentang Ny.Anne (29 tahun) guru SMU favorit di Jakarta. Ia sedang berjuang melewati masa-masa krisisnya di rumah sakit kanker. Ia ‘divonis’ menderita kanker stadium tiga.

Kehidupannya seakan-akan sudah berada di dekat pintu kematian. Tapi Ny Anne mendapatkan spirit dari dalam. Ia pasrahkan dirinya dengan meyakinkan dirinya bahwa bukan manusia yang berkehendak, tapi Allah. Karenanya ia memohon dengan sangat kepada Allah, agar diberi kesempatan hidup, kesempatan berumur panjang. Dan ia memang diberi-Nya.

Suatu hal yang jarang terjadi bagi penderita penyakit kanker. Ia bisa lolos dari kematian bahkan bisa sembuh, lantaran ia percaya kehendak ada di tangan Allah. Keyakinannya ini memberinya kekuatan yang menyembuhkan. (kisah di halaman 49).

Ustad Yusuf juga mengingatkan kita dalam kisahnya “Lihatlah Dia, di Balik Semua Kebahagiaan”. Dalam kisah ini, Ustad meminta kita agar jangan berbahagia kelewat batas. Sisakan kesadaran untuk ‘menembus langit’, melihat siapa yang ada di balik semua nikmat.

Ini kisah tentang seseorang dipercaya Allah untuk memiliki anak. Dengan sikap seperti itu, akan membuat seseorang tidak sombong dan tidak melupakan Allah yang berada di balik semua kenikmatan yang kita terima, di balik semua kabahagiaan yang ada. (kisah halaman 148).

Deskripsi :
Buku Wisata Hati “Kun Fayakuun” ini merupakan gabungan dari dua buku karya Ustad Yusuf Mansur sebelumnya yakni “Membangun Harapan dan Optimisme” dan “Uang Gampang Dicari”.

Kisah-kisah yang ditampilkan dalam buku ini, mudah dicerna mengingat bahasa yang digunakan sebagian adalah bahasa tutur. Ini membuat membaca seolah-olah berada di dekat Ustad Yusuf. Selain itu, setiap kisah yang disampaikan disajikan inti hikmah dari kisah-kisah yang ada.

Bagi yang ingin meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Allah Swt, buku ini bisa menjadi panduan. Karena merupakan kisah kehidupan sehari-hari yang akrab dan terjadi dalam masyarakat. Semoga bermanfaat dan menjadi kegiatan yang positif dalam meningkatkan ibadah puasa kita.

Bagikan
Berita Terkait

Cinta Dunia Akhirat

Misteri Tangan Kanan

Tubuh Gemuk Tapi Ramping

Pasang Surut Bisnis Sampoerna

The Secret


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs