Sabtu, 18 Mei 2024

Takut di-PHK, No Problem

Laporan oleh Noer Soetantini
Bagikan

Judul buku : You’re Fired ! No Problem !
Penulis : Bartono PH,SE, Ruffino EM SE, Jubilee Enterprise
Halaman : xxvi + 180 Halaman
Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Kehilangan pekerjaan dan penghasilan bukan sesuatu yang menyenangkan dan pasti hal yang membuat kekecewaan. Berbagai kasus PHK yang marak belakangan ini telah membuat banyak orang menjadi cemas. Bukan saja pihak yang menjadi korban PHK tetapi juga mereka yang peduli pada fenomena sosial-ekonomis ini.

Kecemasan timbul karena masalahnya ke mana mereka akan pergi atau bekerja setelah di-PHK ? Di sisi lain, tindakan apa yang akan diambil dan solusi bagaimana yang akan ditempuh pada saat masyarakat juga sedang dilanda kesulitan.

Sebagian korban PHK tidak tahu harus berbuat apa, setelah hari berhenti bekerja itu akhirnya tiba juga. Kebingungan ini tidak saja menghinggapi orang-orang muda saja, termasuk para pensiunan yang sebenarnya juga di-PHK meskipun pada usia tua. (Bartono & Ruffino)

Sinopsis :
Buku yang ditulis 3 praktisi manajemen ini memaparkan kiat-kiat PHK dalam 13 Bab. Bab-bab tersebut dipisahkan dalam dua kategori yakni pada masalah PHK dan apa yang harus dilakukan setelah di-PHK.

Kemungkinan PHK bisa saja terjadi pada setiap orang. Orang yang terkena PHK diharuskan ikhlas menerima dan itu sebuah realita. Untuk itu, pada saat orang masih mendapatkan sebuah pekerjaan, hendaknya membangun relasi dan menghidupkan persahabatan. Karena pada saat PHKdatang, relasi diperlukan untuk ikut mengambil peranan dalam mencarikan jalan keluar dari kesulitan hidup yang mendadak muncul (hal 41). Dengan relasi, Anda akan mendapat banyak peluang, informasi serta rekomendasi. Anda akan memerlukan bantuan mereka.

Di PHK, seperti diuraikan penulis dalam bukunya, bukan akhir segalanya. Untuk itu, korban PHK harus tetap memiliki semangat. Semangat hidup yang membara dan terus menyala dalam diri, akan memicu Anda berusaha keras melaksanakan semua rencana setelah PHK. Caranya ?, simak hal. 131.

Deskripsi :
Buku ini ditulis untuk membangkitkan kembali semangat berjuang mencari pekerjaan baru sesudah PHK. Bagi pegawai yang masih jauh dari masa pensiun, buku ini akan menjadi bahan pemikiran ke depan untuk mengantisipasi kemungkinan hal yang terjadi.

Bagi calon pensiunan, buku ini dapat pula menjadi bahan wawasan dan persiapan demi hari esok yang lebih baik. Pasalnya, buku ini juga membahas kiat mengelola uang pesangonan atau uang pensiun. Tinggal sekarang berpulang pada diri Anda, apakah Anda sudah menghadapi hal-hal yang tidak pernah Anda harapkan. Jika belum, baca buku ini segera.

Bagikan
Berita Terkait

Cinta Dunia Akhirat

Misteri Tangan Kanan

Tubuh Gemuk Tapi Ramping

Pasang Surut Bisnis Sampoerna

The Secret


..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
28o
Kurs