Selasa, 30 April 2024

Teladan Bagi Wanita

Laporan oleh Noer Soetantini
Bagikan

Judul Buku : Khadijah, The True Love Story of Muhammad
Penulis : Abdul Mun’im Muhammad
Halaman : xi + 341 halaman
Penerbit : Pena Pundi Aksara

Khadijah orang yang selalu berada di samping Muhammad, bukan saja untuk menyokong dakwah, melainkan juga menjadi tempat untuk menguatkan diri menghadapi tentangan masyarakat Mekah saat itu. Tanpa pernah mengeluh, totalitas pengabdian Khadijah akan dakwah Rasulullah menjadi tidak tertandingi.

Ada sesuatu yang tidak pernah berubah di dalam diri Khadijah yaitu kekuatan spiritual dan kejernihan cinta. Ia selalu dan selamanya beriman kepada Allah serta meyakini kebenaran risalah suaminya. Sebaliknya, pribadi Khadijah menjadi begitu istimewa bagi Rasulullah Saw. Khadijah menjadi kisah cinta sejati Rasulullah. (Penerbit)

Sinopsis :
Rasulullah Saw menyatakan ada empat pemimpin para wanita ahli surga yakni Maryam binti Imran, Fatimah az-Zahra, Khadijah dan Aisyah. Kedudukan keempat pemimpin para wanita ahli surga memang sangat layak berada tempat termulia jika dilihat dari riwayat hidup mereka di masa kepemimpinan Rasulullah Saw. Satu diantaranya, kisah Khadijah istri Rasulullah Saw, yang merupakan sosok fenomenal.

Cukup membanggakan kalau penulis berupaya menyajikan riwayat hidup Khadijah mulai pernikahan dengan Nabi Muhammad Saw hingga memberikan keturunan bagi Rasulullah. Karena dengan membaca kisah wanita penghuni surga ini banyak memberikan inspirasi bagi kaum wanita muslim lainnya.

Meskipun buku ini terjemahan dari karya aslinya “Khadijah Ummul Mu’minin Nazharat Fi Isyaraqi Fajril Islam”, tapi cukup mudah untuk dipahami dan banyak contoh yang bisa diaplikasikan oleh wanita muslim di era sekarang ini. Seperti kemandirian Khadijah dalam mengelola sendiri urusan-urusan perdagangannya sebelum menikah dengan Muhammad.

Ini menunjukkan bahwa wanita muslim harus cerdas termasuk mampu menjalankan bisnis, tegas dalam mengambil keputusan. Tidak hanya cerdas menjalankan bisnis tapi juga pintar menjadi seorang istri.

Banyak keistimewaan pada diri Khadijah. Bagi Khadijah, harta dan kekayaan materi merupakan sesuatu yang tidak permanen. Sementara adat dan tradisi Jahiliah, menurutnya, adalah seperangkat konvensi yang ditetapkan oleh para leluhur untuk menangani persoalan-persoalan spesifik di zaman mereka sendiri.

Ketika zaman berubah, sebagian adat dan tradisi itu tidak lagi memadai untuk dijadikan pedoman. Pertimbangan itulah yang membuat Khadijah menjadi pelopor bagi upaya memberikan hak pada kaum wanita untuk memilih rekan hidup mereka sendiri. Tidak seorang pun berhak memaksanya untuk duduk manis di rumah, menunggu datangnya lelaki yang melamarnya. Khadijah berpendapat bahwa wanita juga berhak melakukan pendekatan kepada lelaki yang ia inginkan untuk menjadi suaminya. Masih banyak keisitimewaan Khadijah lainnya, termasuk saat mendampingi Rasulullah Saw. (simak halaman 307).

Deskripsi :
Buku love story berbasiskan akidah agama memang jarang kita peroleh di toko-toko buku. Apalagi buku yang diperuntukan 100% bagi kaum wanita, jarang ditulis. Meski demikian, buku ini cocok dibaca juga oleh kaum pria karena kisah perjuangan Nabi Muhammad Saw juga bisa disimak.

Dengan demikian kaum pria bisa mencontoh teladan Rasululluah sebagai suami sekaligus pemimpin rumah tangga. Bagaimana Rasulullah membagi perannya untuk istri dan anak-anaknya serta saling mendukung dalam menegakan Agama Allah SWT. Nah, tunggu apalagi, baca didalamnya dan segara aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi yang sudah berkeluarga maupun yang akan memasuki jenjang pernikahan.

Mudah-mudahan setelah membaca buku, sebagai kaum muslim, kita juga akan mendapatkan hidayah dari Allah SWT dan menjadi pengikut Rasulullah hingga akhir jaman.

Bagikan
Berita Terkait

Cinta Dunia Akhirat

Misteri Tangan Kanan

Tubuh Gemuk Tapi Ramping

Pasang Surut Bisnis Sampoerna

The Secret


Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
32o
Kurs