Jumat, 19 April 2024

Apkrindo Jatim Menyatakan Dukungan untuk Gus Ipul-Puti Guntur

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ilustrasi. Saat Gus Ipul melakukan kunjungan ke Malang. Foto: Istimewa.

Asosiasi Pengusaha Kafe dan Restoran Indonesia (Apkrindo) Jawa Timur menyatakan dukungan kepada Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut dua.

Pernyataan itu disampaikan Tjahjono Haryono Ketua Apkrindo Jatim, dalam keterangan pers yang diterima suarasurabaya.net, Senin (12/3/2018).

Tjahjono mengatakan, ada beberapa alasan dia mendukung Gus Ipul-Puti Guntur. Pertama, Apkrindo menilai Gus Ipul sebagai Wakil Gubernur Jatim dua periode berkontribusi mengembangkan restoran dan kafe di Jatim.

“Asosiasi menilai Gus Ipul punya pandangan yang sangat besar. Khususnya kepada industri FnB (food and beverage) di Jatim,” katanya.

Selain itu, Gus Ipul yang juga menjabat Ketua Dewan Pembina Apkrindo Jatim seringkali memberi masukan dalam pengembangan restauran. Di antaranya terkait kuliner lokal yang harus diangkat.

“Kuliner lokal bukan hanya untuk daerahnya saja, tapi juga untuk kelas internasional,” ujarnya.

Tjahjono mengatakan, ini selaras dengan visi misi organisasinya. Karenanya, dia berharap dukungan Apkrindo kepada Gus Ipul akan memberikan banyak kemudahan bagi pengusaha.

“Kami berharap beliau masuk ke babak baru menjadi Gubernur Jatim. Karena beliau punya perhatian besar. Terutama soal kuliner di Jawa Timur. Sehingga kami bisa berkontribusi untuk meningkatkan ekonomi Jatim,” katanya

Gus Ipul pun mendukung keberadaan restoran di Jawa Timur. Dia mengatakan, bila terpilih akan mendorong agar restauran bercita rasa internasional bisa berkolaborasi mengembangkan masakan lokal.

Menurutnya, restoran yang menyajikan masakan internasional akan membantu peningkatan wisatawan asing di dalam negeri.

“Menyajikan masakan Eropa hingga Asia, bisa membantu dunia pariwisata di Jawa Timur. Kita tahu bahwa masa depan Jawa Timur salah satunya di wisata,” lanjutnya.

Dunia wisata, kata dia, terkait erat dengan kuliner atau masakan. Karenanya Gus Ipul berminat mendukung restoran menghadirkan menu khas luar negeri dan dalam negeri.

“Restauran internasional bisa menjadi altertenatif bagi para turis ataupun investor dari mancangara yang tiap tahunnya semakin meningkat,” ujar kandidat Nomor urut dua ini.

Menurutnya, peningkatan jumlah wisatawan asing berkonsekuensi perlunya peningkatan fasilitas umum bertaraf internasional. Mulai dari rumah sakit, pusat pendidikan, hingga restoran bertaraf nasional.

Kombinasi juru masak lokal dan internasional akan sekaligus menambah kekayaan citarasa. Juga akan berkontribusi menyerap lapangan kerja.

“Restauran akan sekaligus menciptakan lapangan pekerjaan dan berkontribusi terhadap PDRB Jatim,” pungkasnya.(den/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs