Selasa, 21 Mei 2024

Greta Gerwig Sutradara “Barbie” Jadi Presiden Juri di Festival Film Cannes 2024

Laporan oleh M. Hamim Arifin
Bagikan
Greta Gerwig. Foto: Variety Greta Gerwig. Foto: Variety

Greta Gerwig aktris sekaligus sutradara Amerika Serikat akan menjadi ketua dewan juri Festival Film Cannes 2024. Festival yang memasuki tahun ke-77 ini akan berlangsung pada 14 sampai 25 Mei 2024.

“Saya suka film, saya suka membuatnya, saya suka menontonnya, saya suka membicarakannya. Sebagai seorang pencinta film, Cannes selalu menjadi puncak dari bahasa film yang universal,” kata Gerwig dilansir Variety, Kamis (14/12/2023).

“Berada di tempat yang rentan, di teater gelap yang dipenuhi orang asing, menonton film baru adalah tempat favorit saya. Saya tertegun dan senang serta merasa rendah hati bisa menjabat sebagai presiden Juri Festival Film Cannes. Saya tidak sabar untuk melihat perjalanan apa yang akan terjadi pada kita semua,” tambahnya

Nantinya, Ruben Ostlund pemenang Palme d’Or dua kali dalam “Triangle of Sadness” dan “The Square” akan memimpin dewan juri Cannes 2023. Sedangkan Gerwig akan menjadi sutradara wanita Amerika pertama yang berperan sebagai ketua juri di Festival Film Cannes.

“Ini adalah pilihan yang jelas, karena Greta Gerwig dengan berani mewujudkan pembaruan sinema dunia. Di mana Cannes setiap tahun menjadi pelopor dan papan suara,” kata Iris Knobloch Presiden Cannes dan Thierry Frémaux Delegasi Umum.

“Ia merupakan perwakilan dari era yang mendobrak batasan dan memadukan berbagai genre serta mengangkat nilai-nilai kecerdasan dan humanisme,” lanjut mereka.

Sebagai informasi, Greta Gerwig memulai karier sebagai aktor. Ia mulai menjadi sutradara solo dalam film “Lady Bird” pada tahun 2017 dan menjadi wanita kelima yang dinominasikan sebagai sutradara terbaik dan film ini mendapatkan total lima nominasi Oscar.

Tak hanya itu, ia juga sukses dengan film “Barbie” yang tayang pada 19 Juli 2023 lalu. Berkatnya, Gerwig menjadi sutradara wanita yang paling banyak menghasilkan uang dalam sejarah dengan meraup 1,4 miliar dolar AS di box office global tahun ini dan baru saja mendapatkan sembilan nominasi Golden Globe. (feb/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Selasa, 21 Mei 2024
28o
Kurs