Jumat, 10 April 2020

Libatkan Pelajar Inklusi, Green Force Run 2020 Kolaborasi Tanpa Batas

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelajar inklusi ikuti Green Force Run 2020 didukung Unicef, di Ciputra Waterpark, Surabaya, Minggu (9/2/2020). Foto: Samuel SS Muda

Libatkan sekurangnya 100 pelajar inklusi, ditambah ratusan peserta lain, Green Force Run 2020 digelar Minggu (9/2/2020) dengan tema Kolaborasi Tanpa Batas, di Ciputra Water Park, Surabaya.

Ke 100 pelajar inklusi tersebut merupakan penyandang disabilitas mental maupun disabilitas fisik. Dan secara khusus mereka ini mengikuti lari marathon yang digelar dengan mengambil garis start dan finish didepan Ciputra Water Park.

Arie Rukmantara Kepala Perwakilan Unicef untuk Jawa, menyampaikan bahwa kegiatan lari marathon dengan kategori 10K, 5K, dan 2K tersebut total diikuti sekurangnya 1500 peserta dari berbagai kalangan. Mulai dari masyarakat umum, mahasiswa, pelajar dan sejumlah pecinta olah raga lari dari Surabaya dan beberapa kota di Jawa Timur.

“Termasuk kami mengundang adik-adik penyandang disabilitas mengikuti kegiatan Green Force Run 2020 ini. Mereka adalah penyandang disabilitas mental maupun penyandang disabilitas fisik. Ada yang tunanetra, tuna rungu maupun tuna wicara. Kami ingin memberikan pengalaman baru buat mereka,” terang Arie Rukmantara.

Acara yang didukung Unicef ini juga menggelar panggung musik dan sejumlah games yang juga diikuti oleh para pelajar inklusi yang hadir. Juga dihadirkan beberapa stand yang menampilkan olah raga khusus bagi inklusi (inklusif sport).

Dimulai menjelang pukul 06.00, seluruh peserta Green Force Run 2020, termasuk diantaranya adalah para pelajar penyandang disabilitas bersiap di garis lintasan start yang nantinya sekaligus juga dipakai sebagai garis finish.

Usai mengikuti lomba lari berjarak 2k, para pelajar inklusi bisa menikmati senam bersama yang digelar didepan panggung utama, yang juga menampilkan hiburan, stan bazaar, dan beberapa kegiatan menarik lainnya.

Arie Rukmantara menambahkan bahwa kegiatan Green Force Run 2020 pada Minggu (9/2/2020) yang melibatkan pelajar inklusi juga ditujukan bagi support kepada Persebaya yang tidak sekedar wani bertanding.

“Kegiatan pagi ini juga kami maksudkan untuk memberikan support pada Persebaya sebagai organisasi sepak bola yang tidak hanya wani bertanding, tetapi sekaligus juga berani mengajak berkolaborasi adik-adik disabilitas atau inklusi untuk bersama-sama mengikuti olah raga lari,” tegas Arie.

Dan oleh karena itu, tema kegiatan Green Force Run 2020 kali ini, lanjut Arie adalah Kolaborasi Tanpa Batas. “Karena terbukti bahwa Persebaya juga wani mengajak pelajar inklusi berolah raga bersama,” pungkas Arie.(Kamila/Wildan/SSMuda/tok)

Berita Terkait
Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan di Tol arah Ngawi KM 669

PJU roboh di Flyover Waru

Kecelakaan di bawah Layang Waru

Banjir di Blega, Bangkalan

Surabaya
Jumat, 10 April 2020
30o
Kurs