Selasa, 30 April 2024

Jokowi: Pemerintah Terus Mengupayakan Pemerataan Vaksinasi Covid-19 dari Sabang sampai Merauke

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi warga di halaman Kantor Bupati Merauke, Provinsi Papua, Minggu (3/10/2021). Foto: Biro Pers Setpres

“Saya datang ke Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, untuk melihat program vaksinasi yang dilaksanakan di sini. Saya ingin memastikan dari Sabang sampai Merauke pemerataan vaksin itu ada dan vaksinasi itu berjalan dengan baik,” kata Joko Widodo (Jokowi) Presiden RI di sela-sela kunjungan kerja di Provinsi Papua.

Sesudah meresmikan pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Sabtu (2/10/2021) malam, Presiden juga memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Pada Minggu (3/10/2021) siang, Jokowi mendatangi Kantor Bupati Merauke, salah satu lokasi yang menggelar vaksinasi untuk masyarakat umum dan pelajar.

Sesudah melihat proses vaksinasi massal, Presiden menyatakan program vaksinasi Covid-19 berjalan baik dan merata, dari Sabang sampai Merauke.

Pada kesempatan itu, Jokowi Presiden mengapresiasi antusiasme masyarakat Kabupaten Merauke mengikuti program vaksinasi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta juga berterima kasih kepada tokoh adat dan tokoh agama di Merauke yang memberikan pemahaman mengenai pentingnya vaksinasi.

Presiden berharap masyarakat di seluruh kabupaten/kota Provinsi Papua juga antusias mengikuti program vaksinasi.

“Terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada para tokoh adat, tokoh agama, yang telah membantu menjelaskan kepada masyarakat, dan juga seluruh masyarakat di Kabupaten Merauke dan Papua yang telah antusias untuk ikut dalam program vaksinasi yang diselenggarakan pemerintah daerah,” imbuhnya.

Jokowi menegaskan, vaksinasi bisa memberikan perlindungan dari fatalitas akibat infeksi Virus Corona sekaligus menghambat penyebarannya.

Lebih lanjut, Presiden mengingatkan masyarakat selalu waspada, tetap disiplin protokol kesehatan, dan belajar hidup berdampingan dengan Covid-19.

Sekadar informasi, pemerintah terus berupaya meningkatkan jumlah penerima vaksin Covid-19 melalui berbagai program vaksinasi.

Selain program vaksinasi nasional, ada program vaksinasi Gotong Royong yang melibatkan perusahaan/badan usaha, dan program vaksinasi yang dilaksanakan kementerian/lembaga.

Data Kementerian Kesehatan per hari Minggu (3/10/2021), Penduduk Indonesia yang sudah vaksinasi dosis pertama tercatat sebanyak 93,7 juta orang.

Sementara jumlah masyarakat yang sudah mendapat dua dosis vaksin sekitar 52,6 juta orang dari total target 208,2 juta orang di seluruh penjuru Tanah Air.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs