Rabu, 20 Oktober 2021
Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa

Selamat, Inilah 15 Pemenang Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Puluhan peserta Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa. Foto: Redaksi Suara Surabaya Media

Suara Surabaya (SS) Media bersama Universitas Surabaya (Ubaya) menggelar program Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa (IBMLB).

Program yang diikuti anak muda dari berbagai daerah ini dimulai sejak beberapa bulan lalu.

Dari proses kurasi hingga pembekalan, maka sampailah 99 peserta IBMLB yang lolos tahap selanjutnya ke acara Awarding, yang diadakan hari ini, Sabtu (24/7/2021) secara virtual.

Dr. rer. nat. Maria Goretti Mariati, perwakilan tim kurator dari Ubaya mengatakan, dari 130 peserta yang mendaftar terdapat pula 130 mimpi luar biasa yang mimpinya sama dengan Ubaya dan Suara Surabaya Media.

Setelah proses kurasi, 130 peserta dikerucutkan lagi menjadi 99 finalis. Kata Maria, proses ini bukan hal yang mudah.

“Bersama pimpinan Ubaya dan perwakilan dari talent management Ubaya dikurasi jadi 99. Ini sulit prosesnya karena kisahnya luar biasa,” kata wanita yang juga Wakil Rektor I Ubaya ini.

“Dalam proses ini kurator juga belajar dari peserta karena kisahnya beragam. Ada yang dari kondisi keluarga, ada yang dari refleksi diri sendiri untuk menciptakan peluang bukan hanya untuk dirinya sendiri tapi juga orang lain. Selamat untuk kita semua,” katanya lagi.

Selamat untuk 15 nama peserta IBMLB berikut ini yang berhak mendapatkan hadiah berupa beasiswa dari Ubaya.

1. HELENA APRILIA
2. CHRISTOPHER JASON SANTOSO
3. DADUNG WAHYU SEJATI
4. SITI NUR SEHA
5. AISHWARYA NEYSA PUTRI
6. ELIZABETH PATRICIA
7. AYU IMTYAS RUSDIANSYAH
8. JEREMY VEBIANO H P
9. WISNU HANIFANTO
10. AGIL RIZKIANI
11. MARK ALEXANDER IERWANTO
12. LAMTIAR N S M NABABAN
13. RANGGA ADITYA P R
14. MOHAMMAD ALI MAHFUD EFENDI
15. PUTRI ANNISA TYARA ANGGIE

Helena Aprilia, salah satu pemenang tak dapat menahan raut wajahnya yang merekah saat namanya diumumkan.

Helena yang berprofesi sebagai pebalet ini tidak menyangka dirinya lolos, karena menurutnya karya finalis lainnya jauh lebih baik.

Helena Aprilia salah satu peserta IBMLB yang berhak mendapatkan beasiswa dari Ubaya. Foto: Redaksi Suara Surabaya Media

“Gak nyangka ada nama saya. Ada peserta lain yang lebih baik dari saya. Saya kan juga udah lulus dari S1,” katanya.

Helena menambahkan, dia memang punya niat untuk melanjutkan studi ke S2, namun karena pandemi dan dia telah bekerja, keinginan itu dia tunda.

“Setelah diberi kesempatan dan dibukakan pintu di acara ini, saya akan bersiap untuk mulai melanjutkan S2 saya di Ubaya,” katanya.

Sementara Christopher Jason yang terkenal karena kehebatannya menjadi dalang bilang, IBMLB adalah lomba yang memberi nuansa baru dibanding lomba lain yang pernah dia ikuti.

“Ini lomba yang beda dari lainnya karena biasanya lomba karya tulis, lomba menghitung akuntansi. Tapi di sini yang saya rasa bahwa lomba ini tujuannya memberikan peran di masyarakat secara praksis, yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata pemuda yang masih duduk di bangku SMA ini.

Christopher Jason salah satu peserta IBMLB yang berhak mendapatkan beasiswa dari Ubaya. Foto: Redaksi Suara Surabaya Media

Saat ditanya jurusan apa yang ingin dia pilih kelak, dia menjawab masih bingung. “Masih bingung soalnya labil, masih SMA.”

Dia juga mengatakan bahwa keluarga besarnya adalah alumnus Ubaya. Ibu dan kakak perempuannya adalah alumni Fakultas Hukum Ubaya.

“Ibu angkatan tahun 89 (jurusan) hukum. Cece saya angkatan (tahun) 2016 (jurusan) hukum. Saya sudah sering bertemu dengan Ubaya,” kata Christopher.

Perlu diketahui, sebelumnya ada 130 peserta Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa yang mendaftar. Setelah tahap kurasi, 99 peserta lolos tahap berikutnya.

Program kolaborasi Suara Surabaya dengan Ubaya ini diharap menginspirasi Kawan Muda di tengah pandemi dengan tujuan membangkitkan semangat kepedulian khususnya kepada Indonesia.

Ke depan Program Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa bisa diharap bisa menjadi wadah bagi anak muda yang punya prestasi dan karya yang berpengaruh positif untuk keluarga, lingkungan, serta masyarakat mereka.

Peserta yang lolos tahap selanjutnya kemudian mengikuti virtual gathering, personal development workshop, tes bakat minat dan konsultasi, serta diakhiri leadership training sekaligus awarding.

Peserta berpeluang mendapatkan beasiswa hingga 100 persen kuliah di Ubaya baik jenjang S1 maupun S2.

Program Indonesia Bangkit Muda Luar Biasa ini persembahan Suara Surabaya Media dan Universitas Surabaya (Ubaya) The First University In Heart And Mind, didukung Dealer Vespasatya PT Satya Mandiri Motors, dan JETE – Best For Your Gadget.(dfn/den/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Rabu, 20 Oktober 2021
28o
Kurs