Jumat, 29 Maret 2024

Pohon Natal Cantik dan Unik Rangkaian 50 Kain Batik Pamekasan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pohon natal berbahan kain Batik Svarnabhumi Pamekasan karya Embran Nawawi di lobby Quest Hotel Darmo Surabaya. Foto: Humas Quest Hotel Darmo

Pohon Natal terbuat dari rangkaian 50 potong kain batik Pamekasan, Kamis (3/12/2020) dipamerkan melengkapi perayaan Natal di Quest Hotel Darmo Surabaya.

Pohon Natal setinggi kurang lebih 3,5 meter itu menyambut setiap tamu hotel, lantaran berada persis dibagian lobby hotel, dan dilengkapi dengan pernik kerlap kerlip lampu hias.

Dengan motif kupu-kupu dan bunga, kain-kain batik Pamekasan buah karya Svarnabhumi tersebut menjadi daya tarik tersendiri. Warna merah, hitam, putih, hijau, coklat, kuning berpadu dengan lampu hias menjadikan kain Batik Svarnabhumi Pamekasan lebih mewah, elegan dan unik.

Embran Nawawi designer dan dosen yang mengarsiteki sekaligus membangun pohon natal batik ini menyampaikan bahwa sebuah kehormatan bagi dirinya diberi kepercayaan merangkai dan membuat pohon natal menggunakan material Batik Svarnabhumi Pamekasan.

“Setiap warna memiliki kekhasan tersendiri. Dan warna yang dihadirkan Batik Svarnabhumi Pamekasan ini juga sangat luar biasa. Warna-warna untuk pohon natal ini juga penuh makna. Hijau melambangkan kesuburan dan merah adalah keceriaan. Luar biasa sekali, dan pengalaman ini menyenangkan, ” terang Embran Nawawi, Kamis (3/12/2020).

Dengan konsep padu padan, Embran mencoba memasukkan unsur budaya tradisional nusantara menjadi sebuah pohon Natal dengan bahan kain batik. Tentunya sangat unik.

Bersama tim nya sendiri dibantu tim Quest Hotel Darmo, Embran mengerjakan pohon natal tersebut tanpa kendala berarti. Rangkaian kain batik sepanjang sekitar 100 meter, dengan warna-warna menawan itu pun menjadi sebuah hiasan Natal yang istimewa.

“Selama bulan Desember, pohon natal Batik Svarnabhumi Pamekasan akan menyambut dan ikut memeriahkan Natal di Quest Hotel Darmo Surabaya, ” pungkas Embran.

Sementara itu, ditambahkan Melly Aruni Public Relation Officer Quest Hotel Darmo, bahwa setiap tahun ada tema yang dipilih dalam menyambut dan merayakan Natal di Quest Hotel Darmo.

“Tahun ini kami undang Embran Nawawi dan Batik Svarnabhumi Pamekasan berkolaborasi. Dan kami juga ingin melestarikan warisan budaya Nusantara untuk memeriahkan Natal. Dan hadirlah pohon Natal Batik Svarnabhumi Pamekasan, ” kata Melly Aruni, Kamis (3/12/2020).(tok/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs