Kamis, 25 April 2024

WGG 2020 Sambut Mahasiswa Baru UK Petra dengan Daring

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., Rektor Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, saat memberikan sambutan secara daring. Foto: Humas UK Petra

Sebanyak 1.740 mahasiswa baru Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, mengikuti Welcome Grateful Generation (WGG) 2020, yang digelar secara daring sampai Rabu (5/8/2020).

Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., Rektor Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, menyampaikan bahwa di situasi sulit seperti di masa pandemi Covid-19 ini, diharapkan para mahasiswa baru tidak putus asa dan tetap sigap mengembangkan potensi terbaik selama berada di kampus Universitas Kristen Petra Surabaya.

“Selamat datang. Selamat bergabung menjadi keluarga besar UK Petra (Petranesian). Kalian semua istimewa terlebih lagi datang kala suasana seperti ini. Penuh kesulitan dan krisis baik ekonomi maupun kesehatan. Tapi biarlah dalam situasi sulit ini tidak membuat kalian putus asa. UK Petra siap membantu anda mengembangkan potensi terbaik menjadi seorang digital leader dengan karakter kuat dan tangguh serta menjadi berkat buat orang lain,” ujar Prof. Dr. Ir. Djwantoro Hardjito, M. Eng., Rektor Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, Selasa (28/7/2020).

Sejak Senin (27/7/2020) sampai Rabu (5/8/2020) sekitar 1.740 mahasiswa baru (maba) dari tujuh fakultas yang ada di Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya menjalani masa Welcome Grateful Generation (WGG) 2020 dalam daring dengan platform seperti google meet dan http://youtube.com/c/wggukpetra.

“WGG merupakan masa orientasi bagi mahasiswa baru dalam mengenal UK Petra. Calon mahasiswa baru dikenalkan pola pikir seorang mahasiswa, tanggung jawab mahasiswa, dan apa saja yang dapat dilakukan sebagai seorang mahasiswa. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19 maka kegiatan tahunan ini diadakan secara online,” kata Richardo Caprianto, ketua WGG 2020.

Dengan tema: Fearless to dream, fear not, with God, dengan harapan para mahasiswa baru 2020 UK Petra ini tidak takut untuk bermimpi serta mencapai mimpinya. Sebab ada Tuhan yang selalu beserta, selain itu para mahasiswa juga harus sepenuhnya menyerahkan mimpi dan impian pada Tuhan.

Ada banyak kegiatan yang disiapkan oleh tim panitia. Mulai dari pengenalan diri sendiri, mengenal kampus UK Petra, mengenal fakultas atau program studi melalui WGG Prodi, proyek aksi kasih, komitmen hingga open house yang diisi dengan pengenalan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan proyek aksi kasih yang biasanya dilakukan dengan terjun langsung ke masyarakat kali ini digelar berbeda. Secara berkelompok para peserta diminta membuat video sekreatif mungkin lengkap dengan pesan yang ingin disampaikan.

Kemudian di upload di Instagram (IG) pribadi para peserta. “Aksi nyata tidak perlu sesuatu yang besar, langkah kecil yang berdampak positif bagi lingkungan bisa menjadi implementasi aksi kasih tanpa batas,” tegas Richardo.

Panitia menyediakan empat tema kegiatan yang sudah ditentukan untuk dibuat videonya yaitu antara lain Hati Untuk Pahlawan, Aksi ‘tuk Kuatkan. Tema ini berbicara mengenai tindakan-tindakan pencegahan Covid-19. Sedangkan tema Pakai Secukupnya, Padamkan Selebihnya, ingin menyoroti masalah dampak emisi karbon pada kendaraan bermotor yang dapat merusak lingkungan.

Sherly Laurencia satu diantara peserta mahasiswa baru yang mengikuti WGG 2020 mengaku senang dan berharap mendapatkan pengalaman baru dari berbagai kegiatan yang hampir seluruhnya diikuti.

“Menyenangkan. Kakak Frontline dan panitia menyambut hangat kami para mahasiswa baru bersama kawan-kawan. Dari pagi, meski menghabiskan waktu enam jam tak terasa melelahkan di depan laptop. Acaranya sangat menarik, ada rally games, sharing untuk menambah teman dari kelompok lain meski tak dapat bertemu secara langsung,” tutup Sherly Laurencia mahasiswi Program Studi Manajemen Bisnis UK Petra Surabaya.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs