Jumat, 29 Maret 2024

Pengurusan Visa Jemaah Umrah Sudah Dimulai Sejak 14 Juli

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Jemaah calon haji Indonesia melakukan umrah wajib perdana di Masjidil Haram setelah tiba dari Madinah, Senin (13/6/2022) dinihari. Foto: MCH

Hilman Latief Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, mengatakan, pengurusan visa bagi jemaah umrah sudah dimulai sejak 14 Juli 2022 dan umrah akan dibuka pada 1 Muharram 1444 Hijriah atau 30 Juli 2022.

“Tanggal 14 pengurusan visa, Rata-rata jamaah mencari momentum 1 Muharram saat Tahun Baru Islam,” kata Hilman Latief di Mekkah, Senin.

Seperti diketahui, Pemerintah Arab Saudi telah membuka izin untuk jemaah umrah mulai 15 Juli 2022, meski saat ini Masjidil Haram masih dipenuhi oleh jemaah haji yang melaksanakan umrah sunah dan ibadah lainnya setelah pelaksanaan puncak haji pada 8 Juli lalu.

Hilman mengatakan, akan ada fenomena baik di Masjidil Haram maupun di Madinah dua tipe jemaah. Pertama, jemaah haji yang akan pulang ke Indonesia dan jemaah umrah yang baru tiba ke Tanah Suci.

“Mereka akan bercampur, termasuk juga di sini akan ada banyak orang umrah. Jadi luar biasa Saudi, dan minat masyarakat kita untuk umrah juga sangat tinggi,” tambah dia.

Saat ini jemaah haji gelombang pertama sudah mulai kembali ke Tanah Air sejak 15 Juli 2022 melalui Bandara Internasional Jeddah.

Sementara, jemaah gelombang kedua juga akan bergeser ke Madinah dari Mekkah pada 21 Juli 2022 untuk melaksanakan ibadah sholat Arbain dan ziarah.

Tahun ini, kondisi pelaksanaan haji berbeda dengan sebelumnya karena adanya pembatasan kuota haji akibat pandemi Covid-19.

Indonesia sendiri mendapatkan kuota 100.051 jemaah atau hanya sekitar 45 persen dari kuota normal sebelumnya.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs