Minggu, 28 April 2024

Disbudpar Jatim Dorong Potensi Budaya dan Pariwisata Religi Lewat Pemilihan Duta

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Para duta budaya dan pariwisata religi Jawa Timur Tahun 2023 di Kantor Bank Jatim yang berlokasi di Surabaya, Sabtu (30/9/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur (Disbudpar Jatim) berkolaborasi dengan Pimpinan Wilayah Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jatim serta Bank Jatim, menggelar pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur Tahun 2023.

Hudiyono Kepala Disbudpar Jatim mengatakan, kompetisi itu sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan budaya dan pariwisata religi di Jatim semakin bagus.

“Kami terus mendorong masyarakat untuk bersama-sama memanfaatkan potensi pariwisata dengan mengedepankan prinsip tanggung jawab dan berkelanjutan,” ucapnya di Ballroom Bank Jatim, pada Sabtu (30/9/2023) malam.

Hudiyono Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur saat berada di Kantor Bank Jatim yang berlokasi di Surabaya, Sabtu (30/9/2023) malam. Foto: Risky suarasurabaya.net

Hudiyono juga menyebut kehadiran duta-duta budaya dan pariwisata religi itu sangat diperlukan, untuk memajukan potensi daerah.

“Oleh karena itu kami all out untuk membantu ISNU dan Bank Jatim, untuk bersama-sama memilih yang terbaik dari yang terbaik, dari calon duta kebudayaan dan pariwisata religi pada pagi hari ini,” ujarnya.

Selain itu, adanya duta-duta itu juga untuk memperkenalkan potensi budaya dan pariwisata religi, serta menjaga kelestarian budaya lokal yang ada di Jatim.

Dalam pemilihannya, kata dia, mereka harus mengikuti kompetisi untuk merebut gelar juara dengan unjuk kemampuan tentang budaya lokal dan pariwisata religi di Jatim. Selain itu juga dites mengenai kemampuan membaca Al-Quran.

Seperti diketahui, proses seleksi dutamemakan waktu yang cukup panjang,yakni melalui seleksi administrasi, tes tulis, wawancara dan grand final mulai 1 September 2023 lalu.

Dalam dilaksanakannya Elimination Show & Grand Final, mendatangkan narasumber berkualitas di bidang kebudayaan dan pariwisata.

Beberapa nominasi yang dilombakan pada pemilihan duta tahun ini, antara lain video terbaik, best dress, favorit social media, juara harapan 1 dan 2, juara 1, 2 dan 3. Dengan total yang berkompetisi sebanyak 256 peserta.

Sedangkan, yang bertindak sebagai dewan juri pada Pemilihan Duta Budaya dan Pariwisata Religi Jawa Timur 2023 yakni Hudiyono selaku Kepala Disbudpar Jatim, Tsoraya Adiba Duta ISNU, Mas’ud Said PW ISNU, Umi Rodiyah Bank Jatim, Fadli Yasir PP ISNU, dan Inne Nova Ayu dari kalangan profesional. (ris/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs