Jumat, 3 Mei 2024

Gus Muhdlor Tekankan Investasi di PAUD Penting untuk Perkuat Pendidikan Karakter

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo memberikan sambutan saat meresmikan PAUD Edelweis di Desa Grogol, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Kamis (20/7/2023). Foto: Diskominfo Sidoarjo

Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo menyebut memperkuat sektor pendidikan anak usia dini (PAUD) sangat penting, karena jenjang tersebut adalah fondasi utama membentuk generasi yang cerdas, kreatif, dan berdaya saing.

Hal tersebut disampaikannya saat meresmikan PAUD Edelweis di Desa Grogol, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Kamis (20/7/2023).

“Pendidikan anak usia dini adalah masa kritis dalam pembentukan karakter dan potensi anak-anak kita. Dengan memperkuat sektor pendidikan ini, kita menciptakan pondasi yang kokoh bagi masa depan Sidoarjo yang lebih baik,” ucap Gus Muhdlor sapaan akrabnya, seperti dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Bupati berusia 32 tahun itu juga menekankan kepada pendidik PAUD di Kabupaten Sidoarjo, agar terus fokus memberikan pembelajaran tata krama dan memiliki empati terhadap lingkungannya.

“Masalah terbesar di Indonesia adalah pertama, banyak orang berpendidikan tetapi tidak punya keahlian. Kedua, banyak orang pintar tetapi tidak punya tata krama dan akhlak yang baik. Sehingga ini menjadi PR bagi guru-guru PAUD yang tidak hanya mengajarkan calistung (baca, tulis dan berhitung) saja,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, Kabupaten Sidoarjo tengah mempertahankan nilai IPM atau Indeks Pembangunan Manusia pada angka yang sama atau lebih dari tahun 2022 sebesar 81,02 persen.

Sehingga menurutnya, perlu adanya peningkatan secara khusus di pendidikan dan kesehatan. Adapun dalam meraih IPM yang tinggi ini, pendapatan perkapita pendidikan harus baik, di susul angka lanjutan belajar tinggi, serta kesehatan yang baik pula.

Adapun pembangunan PAUD Edelweis dapat terealisasi berkat bantuan keuangan (BK), yang diberikan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo, kepada desa sebesar Rp200 juta.

Dalam kesempatan yang sama, Ali Faizin anggota DPRD Kabupaten Sidoarjo dari Fraksi PKB menyebut bantuan keuangan dari dewan itu telah dimanfaatkan dengan baik untuk membangun fasilitas PAUD Edelweis yang modern dan representatif.

“Bantuan Keuangan ini kami keluarkan atas permintaan desa kepada kami. Bantuan ini juga kami tinjau dari aspek utama, seperti sesuai 17 program Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo yaitu peningkatan pendidikan, infrastruktur, TPST dan Bumdes,” ujarnya.

S‌ebagai informasi, PAUD Edelweis di Desa Grogol itu juga menjadi salah satu contoh nyata sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat, yang dapat menghasilkan perkembangan positif dalam sektor pendidikan. (bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
32o
Kurs