Jumat, 29 Maret 2024

Tes Kesehatan MA-Mujiaman Ditunda, KPU Surabaya: Tidak Ada Perubahan Jadwal

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Pasangan Machfud Arifin-Mujiaman (MAJU) tiba di RS Graha Amerta pukul 10.40 WIB. Pasangan yang diusung koalisi 8 partai politik itu, mengenakan pakaian putih lengkap dengan alat pelindung diri (APD), Senin (7/9/2020). Foto: Istimewa

Machfud Arifin (MA)-Mujiaman Sukirno Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya batal general check up di Graha Amerta RSUD Dr Soetomo, Surabaya, Selasa (8/9/2020).

Padahal, pasangan Eri Cahyadi-Armuji yang akan menjadi rival mereka di Pilwali 2020 itu, sejak Selasa pagi sudah menjalani cek kesehatan secara menyeluruh di rumah sakit yang sama, tanpa ada penundaan jadwal.

Cek kesehatan menyeluruh bakal pasangan calon ini adalah bagian dari tes kesehatan yang dijadwalkan KPU Surabaya sebagai penyelenggara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2020.

Mujiaman Sukirno mengatakan, berdasarkan lapaoran timnya yang berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya, jadwal pemeriksaan kesehatan mereka ditunda Selasa, 15 September mendatang.

“Saya dijadwalkan terakhir minggu depan sama Pak Machfud. Itu jadwalnya dari KPU, jadi bukan hari ini,” kata Mujiaman ketika diklarifikasi melalui telepon oleh sejumlah awak Media di Surabaya.

Mujiaman menegaskan, kondisinya bersama Machfud Arifin saat ini sehat. Dia mengklaim, berdasarkan laporan dari timnya, hasil tes usap yang mereka jalani di RS yang sama, Senin (7/9/2020) kemarin, negatif.

“Alhamdulillah dalam kondisi sehat semua. Saya belum terima (hasil swab). Tapi dapat laporan dari tim, (hasilnya) negatif,” katanya.

Kemarin, kedua bakal pasangan calon yang akan maju di Pilwali Surabaya 2020 itu memang menjalani tes usap Covid-19 sebagai salah satu bagian dari proses dan syarat pencalonan, di tengah pandemi Covid-19.

Memang, pihak RSUD Dr Soetomo tidak akan mengumumkan hasil tes swab kedua bakal pasangan calon ini untuk publik. Tapi akan menyerahkan hasilnya kepada KPU Surabaya sebagai penyelenggara.

Subairi Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya mengatakan, sampai hari ini KPU Surabaya memang belum menerima hasil tes usap kedua bakal pasangan calon itu dari pihak RSUD dr Soetomo.

“Waktu daftar seluruh pasangan calon sudah menyerahkan hasil swab. Hasil swab keduanya memang negatif saat pendaftaran. Kemarin swab lagi, hasilnya yang tahu pihak rumah sakit. Saya belum dapat hasil swab kemarin,” ujarnya.

Sementara mengenai penundaan tes kesehatan pasangan Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno hari ini, Subairi juga mengaku belum menerima konfirmasi perubahan jadwal tes dari tim pemenangan Bapaslon itu sampai pukul 14.00 WIB tadi.

Namun, menurutnya, sesuai Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020, jadwal tahapan tes kesehatan seharusnya berlangsung sejak 4 September sampai 11 September saja. Hasil tes itu lantas diumumkan pada 11-12 September.

“Saya barusan rapat. Belum ada jadwal terbaru. Tapi sesuai tahapan PKPU 5/2020, jadwalnya hanya sampai 11 September,” katanya. Bairi sendiri juga mengaku belum mendapatkan hasil swab dari RSUD dr Soetomo.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs