Minggu, 28 April 2024

Gus Yahya: Ada Sanksi buat Pengurus NU yang Gunakan Nama Lembaga untuk Berpolitik Praktis

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Yahya Cholil Staquf Ketua Umum PBNU saat berada di Surabaya pada Kamis (15/6/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Yahya Cholil Staquf Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengatakan, Pengurus NU di seluruh tingkatan tidak boleh terlibat politik praktis atas nama lembaga.

Dia bilang, PBNU akan memberikan sanksi kepada pengurus yang menggunakan nama lembaga untuk kepentingan politik praktis, terutama menjelang pemilu.

Dalam keterangannya, Senin (4/9/2023) malam, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Gus Yahya menyebut ada sanksi berjenjang yang diawali dengan teguran.

Kalau teguran tidak mempan, ada prosedur pemberian peringatan lanjutan, sampai pemberhentian dari kepengurusan.

“Ada prosedurnya, nanti kami peringatkan. Kalau diulangi, peringatan kedua. Kalau diulangi lagi, bisa diberhentikan. Sudah ada mekanismenya. Sekali diperingatkan sudah kapok biasanya,” ucapnya.

Sementara, kalau ada calon presiden atau calon wakil presiden yang mengatasnamakan NU padahal bukan pengurus, PBNU cuma bisa memberikan klarifikasi.

“Kalau ada capres mengatasnamakan NU, tetapi bukan pengurus NU, kami juga bisa mengatakan itu tidak benar. Tapi, kami tidak bisa beri sanksi apa-apa kalau bukan pengurus,” tegasnya.

Sebelumnya, Gus Yahya mengimbau calon presiden mau pun calon wakil presiden jangan mengatasnamakan NU dalam Pilpres 2024.

Warga NU yang mencalonkan diri di Pilpres mendatang harus berjuang lewat partai politik, bukan lewat organisasi yang dipimpinnya.

Kemudian, dia menegaskan preferensi pilihan politik di luar ranah urusan organisasi NU. Maka dari  itu, setiap warga Nahdliyin bebas menentukan pilihan politiknya. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs