Rabu, 5 Agustus 2020

Innofashion Show 2020, Galakkan Upcycle Fashion Songsong New Normal

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Satu diantara peserta Innofashion Show 2020 yang digelar secara daring oleh UK Petra songsong new normal. Foto: Humas UK Petra.

Limbah pakaian jadi keprihatinan di masa pandemi Covid-19, dan prodi Desain Fashion dan Tekstil (DFT) Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya, gelar Innofashion Show 2020 bertajuk Upcycle Fashion. Songsong new normal.

Digelar selama lima hari sejak Senin (8/6/2020) hingga Jumat (12/6/2020), Innofashion Show 2020 yang digelar secara daring menghadirkan upcycle competition, fashion illustration competition, online talkshow, online open class dan pameran fashion virtual.

Upcycle Competition merupakan kompetisi bagi umum dan siswa SMA ini menantang segenap peserta membuat desain dan menjahitnya menjadi sebuah karya fashion baru. Karya ditampilkan secara virtual melalui jepretan kamera foto dan diserahkan pada panitia. Peserta kompetisi ini 13 orang.

Sedangkan pada fashion illustration competition yang pesertanya dari kalangan umum dengan maksimal usia 30 tahun ini hanya diminta mendesain gambar visualnya saja. Untuk kompetisi ini panitia mencatat sekitar 90 orang peserta.

Astharianty S.Sn., M.Ds., ketua Innofashion Show 2020 menyampaikan bahwa titik berat tema kompetisi Innofashion Show 2020 memang pada bagaimana peserta atau masyarakat umum terinspirasi untuk menjaga lingkungan sekaligus memanfaatkan apa yang sudah ada untuk dijadikan bahan.

“Tema sengaja dipilih tentang bagaimana kita dapat lebih memahami Upcycle sebagai satu diantara cara dalam dunia fashion menyelamatkan bumi, dengan lebih menghargai lingkungan dan memanfaatkan bahan yang sudah ada,” terang Asthararianty, S.Sn., M.Ds., Jumat (12/6/2020).

Beberapa karya upcycle competition, satu diantaranya karya Cristabella A.P., dari Universitas Kristen Maranatha Bandung memberi judul karyanya Unity’DenimB&W. Menggunakan bahan denim yang dimilikinya sejak Sekolah Dasar yang menyertakan detail seperti patchwork dan slashing. Kompetisi Upcycle ini memang mengutamakan konsep atau ide yang ingin disampaikan.

“Penilaiannya melihat tiga hal yaitu konsep atau ide, presentasi dan kerapian. Upcycle ini menitikberatkan pada bahannya yang berupa pakaian atau baju yang sudah lama tidak tersentuh diolah menjadi baru dengan hanya menambah bahan yang ada dirumah,” tambah Inggrid sapaan Asthararianty.

Sedangkan menutup seluruh rangkaian Innofashion Show 2020 di tengah pandemi Covid-19, Jumat (12/6/2020) dijadwalkan digelar virtual talkshow dengan tema Upcycle Fashion menghadirkan Aryani Widagdo sebagai Fashion Educator sekaligus pendiri Arva, Yunita Kosasih ketua IFC chapter Surabaya yang juga dosen di DFT UK Petra serta Syahmedi Dean sosok Editorial Director Luxina.ID.(tok/ipg)

Berita Terkait
NOW ON AIR SSFM 100

Radityo Jufriansah

Potret NetterSelengkapnya

Truk Patah As di Gedangan

Truk Muat Pasir Terguling di Balongbendo

Kerikil Berserakan, Lalu Lintas Macet

Fortuner Masuk Sungai Kaliwaron

Surabaya
Rabu, 5 Agustus 2020
26o
Kurs