Kamis, 30 Mei 2024

KBS Rayakan Ulang Tahun Pertama Anakan Singa Asli Surabaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Khoirul Anwar Direktur Utama Kebun Binatang Surabaya bersama pengunjung saat memberikan sambutan dan doa untuk Bima dan Dona di Kebun Binatang Surabaya, Sabtu (20/4/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Kebun Binatang Surabaya (KBS) hari ini, Sabtu (20/4/2024) merayakan ulang tahun Dona dan Bima, anakan singa pertama dari induk Seruni dan Upin, yang sebelumnya dipinjam dari Jatim Park.

Dona dan Bima merupakan anakan singa hasil breeding KBS, dua anakan singa itu merayakan ulang tahun pertamanya dengan disambut meriah oleh para pengunjung.

Khoirul Anwar Direktur Utama Kebun Binatang Surabaya mengatakan, lancarnya perkembangan dan perawatan di KBS membuat dua anak singa itu tumbuh dengan sehat.

Dona anakan singa betina yang dipamerkan pada acara ulang tahun Bima dan Dona anakan singa di Kebun Binatang Surabaya, Sabtu (20/4/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

“Yang pertama saya ucapkan terima kasih untuk para keeper (penjaga) singa disini karena sudah merawat Bima dan Dona dengan sangat cekatan,” ucapnya saat ditemui suarasurabaya.net di Kebun Binatang Surabaya, Sabtu (20/4/2024).

Ia juga menyebut, yang spesial dari Bima dan Dona, adalah mereka lahiran asli Surabaya. Selain itu, setelah lahir mereka tidak perlu banyak membutuhkan adaptasi dengan zookeeper.

“Saya ingat dulu waktu dua bulan pertama Bima dan Dona sudah sangat lincah dan aktif,” katanya.

Dengan perkembangan pesatnya Bima dan Dona, Khoirul Anwar berharap indukan Upin dan Seruni bisa berkembangbiak lagi secepat mungkin.

“Sekarang induknya sudah mulai (berkembangbiak) lagi, semoga bisa tambah sebanyak mungkin,” tuturnya.

Bima anakan singa jantan yang dipamerkan pada acara ulang tahun Bima dan Dona anakan singa di Kebun Binatang Surabaya, Sabtu (20/4/2024). Foto: Firman magang suarasurabaya.net

Pada kesempatan yang sama Sumartono selaku keeper singa juga mengatakan, Bima dan Dona memiliki sifat berbeda dengan beberapa ekor singa lainnya yang ada di KBS.

“Di sini total ada enam ekor. Bima dan Dona ini tipenya manja, jadi PR untuk para keeper bisa kembali memunculkan sifat wild (liar)-nya itu sendiri,” jelasnya.

Dalam ulang tahun, lanjutnya, Bima dan Dona diberikan treatment khusus untuk membuat mereka menjadi lebih senang.

Surprise-nya kita buat secara alami saja, dikasih daging segar dua-duanya,” tuturnya.

Sumartono menuturkan, secepat mungkin akan memisah Bima dan Dona. Pasalnya mereka sebentar lagi akan memasuki masa birahi.

“Kita tetap akan pisahkan mereka agar tidak kawin sedarah nantinya,” tandasnya. (man/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
33o
Kurs