Senin, 29 April 2024

Polda Jatim Matangkan Operasi Aman Bacuya untuk Pengamanan Piala Dunia U-17

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Irjen Pol Imam Sugianto Kapolda Jatim waktu ditemui usai menggelar latihan Operasi Aman Bacuya 2023, di Mapolda Jatim, Selasa (7/11/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net Irjen Pol Imam Sugianto Kapolda Jatim waktu ditemui usai menggelar latihan Operasi Aman Bacuya 2023, di Mapolda Jatim, Selasa (7/11/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Polda Jawa Timur menggelar Latihan Operasi Aman Bacuya 2023 untuk tingkatkan kemampuan personel dalam pengamanan Piala Dunia U-17 di Gedung Mahameru, Mapolda Jatim, Selasa (7/11/2023).

Irjen Pol Imam Sugianto Kapolda Jatim membuka secara lamgsung kegiatan Latihan Pra-operasi Aman Bacuya 2023. Latihan ini merupakan rangkaian kegiatan untuk mengamankan gelaran Piala Dunia U-17 yang dilaksanakan dari tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023.

Titik pengamanan tersebar di lokasi-lokasi strategis. Titik paling vital adalah Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, kemudian Bandar Udara Internasional Juanda, dan lokasi hotel penginapan negara tim tamu.

“Jawa Timur kita kebagian event pembukaan yang dihadiri Presiden RI (Joko Widodo) dan Presiden FIFA (Gianni Infantino). Babak 16 besar di sini akan dilaksanakan dari tanggal 10 sampai tanggal 21 (November 2023),” ujar Imam.

Berbagai rapat koordinasi seperti Latihan Pra-operasi Aman Bacuya 2023 yang baru saja digelar, sudah beberapa kali dilaksanakan guna memastikan kesiapan pengamanan ajang internasional tersebut.

“Besok itu akan kita matangkan dalam TFG, tactical floor game. Kita akan main di atas peta penyelenggaraan pengamanan nanti,” lanjutnya.

Kemudian terkait pengalihan arus lalu lintas guna mengantisipasi kepadatan di jalur menuju Stadion GBT bersifat kondisional. “Kalau ada kemacetan-kemacetan yang kira-kira yang harus diantisipasi. Pengalihan arus pasti akan dilaksanakan,” ujarnya.

Kapolda Jatim itu menyebut, Latihan Pra-operasi Aman Bacuya 2023 sebetulnya adalah kegiatan Mabes Polri. Namun lokasi pelaksanaannya di Mapolda Jatim.

Komjen Pol Wahyu Widada Kabareskrim Polri, awalnya dijadwalkan memimpin kegiatan Latihan Operasi Aman Bacuya 2023, namun ia berhalangan hadir.

Sementara itu, Brigjen Jhonny Edison Isir Karojianstra Sops Polri yang juga mantan Kapolrestabes Surabaya juga nampak hadir di lokasi kegiatan.

Sebagai informasi Polda Jatim telah menyiagakan 3.393 personel untuk mengamankan gelaran Piala Dunia U-17. Yang mana opening ceremony akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Jatim, 10 Novermber 2023 mendatang.

Selain itu Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga menyiagakan 368 tenaga kesehatan (nakes) dan delapan rumah sakit rujukan sebagai langkah preventif untuk mensukseskan Piala Dunia U-17.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs